tandya-rachmat-18CyoDR6q2w-unsplash.jpg

Pulau Lombok

Pulau Lombok adalah sebuah pulau di kepulauan Nusa Tenggara yang terpisahkan oleh Selat Lombok dari Bali di sebelah barat dan Selat Alas di sebelah timur dari Sumbawa. Pulau ini kurang lebih berbentuk bulat dengan semacam "ekor" di sisi barat daya yang panjangnya kurang lebih 70 km. Luas pulau ini mencapai 5.435 km² menempatkannya pada peringkat 108 dari daftar pulau berdasarkan luasnya di dunia. Kota utama di pulau ini adalah Kota Mataram. ada beberapa hal menarik yang dimiliki oleh lombok berikut ini.

Dijuluki Pulau Seribu Masjid

Mayoritas masyarakat Lombok beragama Islam sehingga tak heran Anda akan banyak menemukan masjid di sepanjang jalan. Banyaknya masjid yang berdiri di Lombok, membuatnya disebut dengan Pulau Seribu Masjid.

Memiliki Gunung dengan Pemandangan Terindah se-Asia

Gunung Rinjani di Lombok adalah salah satu gunung berapi yang aktif dengan pemandangan terindah se-Asia. Gunung yang memiliki ketinggian 3.726 mdpl ini, memiliki kawah Segara Anak yang berair biru jernih dengan kedalaman mencapai 230 meter.

Pantai-pantai di Lombok

Lombok terkenal dengan pantai-pantainya yang indah dan memiliki pesona tak kalah indah dari Bali. Kecantikan pantai di Lombok menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Beberapa rekomendasi pantai di Lombok yang bisa Anda kunjungi saat berada di pulau lombok antara lain : pantai senggigi, pantai tanjung bango, pantai pink,  selong belanak, pantai mawun, pantai kuta, pantai semeti, pantai tanjung aan dan masih banyak lagi.

Mempunyai Obyek Wisata Pulau-Pulau Kecil (Gili)

Gili merupakan pulau-pulau kecil yang tersebar di perairan Lombok. Pulau-pulau kecil itu nampak asri dengan pasir putihnya yang menawan. Biasanya wisatawan menuju gili tersebut dengan perahu. Mereka ke sana dengan berbagai tujuan, seperti hendak melakukan aktivitas snorkeling atau sekedar berjemur dan menikmati indahnya pantai pasir putih dan pemandangan sekitar.  Beberapa rekomendasi gili yang bisa anda kunjungi saat berada di pulau lombok antara lain : gili trawangan, gili meno, gili air, gili nanggu, gili kedis, gili bidara dan masih banyak lagi gili yang indah berada di pulau lombok

World's Best Halal Honeymoon Destination dan World's Best Halal Tourism

Lombok berhasil menyabet 2 penghargaan bergengsi, yakni World's Best Halal Honeymoon Destination dan World's Best Halal Tourism. Lombok mengalahkan Uni Emirat Arab, Malaysia, Turki, serta beberapa negara muslim lainnya.

Suku Sasak di Pulau Lombok

Lombok mempunyai satu suku yang merupakan penduduk asli Lombok, yakni Suku Sasak. Hingga saat ini, keberadaan mereka masih lestari, sama halnya dengan adat istiadat Sasak yang masih dipegang erat sampai sekarang. Soal bahasa, Suku Sasak pun masih aktif memakai bahasa Sasak sebagai media berkomunikasi sehari-harinya.

Penduduk Lombok Suka Makanan Pedas

Sebagian besar penduduk Lombok amat menggemari makanan pedas maka jangan heran kalau kuliner khas di sana kebanyakan mempunyai cita rasa pedas. Anda bisa mencoba sambal plecing untuk merasakan sensasi pedas khas Lombok.